Macam Kantong atau Saku Pada Baju

  By admin   April 13, 2019   0

Pada dasarnya dalam suatu baju maupun pakaian yang kita kenakan dalam kegiatan sehari-hari tentu saja memiliki beberapa bagian penting yang menyertai. Rasanya terlihat aneh dan tidak enak dilihat jika hanya memakai sehelai kain saja. Ketika kamu mengenakan pakaian pasti disana ada beberapa bagiannya, misalnya kerah, lengan, kancing hingga saku. Artikel sebelumnya telah memuat berbagai jenis atau macam collar yang bahasa Indonesianya adalah kerah, yaitu atribut yang biasa melekat pada leher ketika mengenakan kemeja yang memberikan kesan elegan bagi para penggunanya, nah pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kantong atau mudahnya saku.
Saku pada umumnya terletak dibagian dada kiri, kanan atau malah di keduanya untuk sebuah kemeja, sedangkan untuk celana saku terdapat dibagian belakang celana serta kiri kanan , fungsinya untuk menyimpan benda yang mempunyai ukuran kecil, semisal pulpen, lembaran uang kertas, sapu tangan, koin maupun dompet. Mungkin sebagian orang tidak menyadari atau mungkin tidak perduli bagaimana bentuk-bentuk saku tersebut yang pada nyatanya tidak semuanya sama, alias beraneka ragam, penasaran kan bagaimana sih varian saku itu?
Pada bahasan ini akan diberikan secara pengertian singkat tentang jenis saku, seperti saku tempel, kabinet, kantong dalam type 1, type 2, samping dengan paspoile, samping, parpoile lidah 1, lidah 2, vest , klep. Banyak kan? Namanya ada juga yang susah untuk diingat bahkan dieja, daripada menunggu lama, mari kita langsung saja mulai membahasnya. Bagaimana pembahasannya, mari kita simak dibawah ini, cekidot.
1. Kantong atau saku tempel
Jangan beranggapan jika saku ini ditempelkannya menggunakan lem, tidak seperti itu maksudnya. Kantong ini memang sifatnya ditempel dalam artian tidak memberikan aksen merusak terhadap bagian bahan yang utama jika ingin dilepas. Cirinya pada letaknya, tidak presisi atau bisa dibilang rapi, untuk harganya cenderung murah.
2. Kabinet
Ternyata saku pun ada pula yang namanya kabinet loh, biasanya kan ini identik sama yang namanya upacara. Kantong ini ada pada seragam yang digunakan oleh pegawai negeri sipil pemerintah daerah yang warnaya hijau
3. Kantong Dalam Type 1
Ceilahhh, rumah pun juga disaingin sama saku yang ada tipenya juga, kebanyakan type ini terdapat pada celana yang beredar dipasaran. Dibagian luarnya berbentuk melengkung.
4. Kantong Dalam Type 2
Nah kalau yang ini berlawanan jauh dengan yang sebelumnya, jenis ini berbentuk kotak pada sisi luarnya.
5. Kantong samping dengan paspoile
Namanya sedikit rumit untuk diucapkan oleh lidah orang Indonesia, namun umumnya saku ini mempunyai ciri apabila dilipat seakan akan hanya bagian depannya saja yang terlipat padahal tidak.
6. Kantong Samping
Biasa dipasang pada celana, untuk proses membuatnya sedikit rumit bahkan ada tahapan mendedel juga loh.
7. Kantong Parpoile Lidah 1
Daripada susah mengucapkannya, lebih mudahnya kita singkat saja namanya menjadi saku bobo, ini biasanya dibuat pada bagian tengah di bahan utamanya.
8. Kantong Parpoile Lidah 2
Pasti banyak yang dalam hati bertanya kok kantong dinamakan lidah dua? Ambil dari segi bentuknya saja, lidah kan memang ada 2 sisi, sedangkan yang sebelumnya hanya ada satu sisi saja, jadi itu letak pembedanya.
9. Vest
Sangat mudah dilihat dan ditemukan pada seorang pria yang mengenakan vest, ituloh semacam jas formal yang selalu dikenakan pada acara formal. Fungsinya untuk tempat sapu tangan atau bunga yang tentu saja ukurannya kecil.
10. Klep
Ada yang tau klep itu apa? bukan makanan loh ya, itu klepon namanya, oke kita sampingkan tentang klepon, klep merupakan bagian dari penutup saku. Kegunaannya adalah sebagai hiasan atau juga bisa sebagai penutup lubang saku.

Nah demikianlah sedikit penjelasan mengenai macam-macam saku alias kantong, mungkin masih ada ragam lain yang masih belum tertulis, karena pastinya tidak hanya 10 jenis saja, ini hanya sebagian penggambaran umumnya. Saku itu tidak langsung jadi begitu saja, ada proses untuk pembuatannya tetap stay di konveksi solo, jika tidak terbiasa awalnya memang akan terasa sulit dalam membuatnya, akan tetapi jika sudah terbiasa itu bukan jadi masalah yang berarti. Intinya dalam berusaha itu harus dibutuhkan niat yang tulus serta menanamkan sikap kerja keras. Berlatih secara terus-menerus dan pantang menyerah, segala sesuatu yang diawali dengan hal yang baik makanya hasilnya juga akan baik. Berdiri kemudian bangkit lagi coba dan terus mencoba, semua usaha yang telah dilakukan tidak akan memberikan hasil yang mengecewakan. Demikian artikel tentang macam saku yang terdapat pada pakaian yang dapat dimuat, semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat yang memiliki makna positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sampai bertemu kembali pada artikel yang jauh lebih menarik isinya untuk di simak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *