Macam Kerah Pada Kemeja

  By admin   April 12, 2019   0

Pasti diantara kita semua jika ditanya tau tidak apa yang dinamakan dengan camisa akan bingung menjawabnya, dikarenakan bahasa yang digunakan terdengar asing di telinga, akan tetapi jika kamu bekerja di bidang konveksi tentu tidak akan asing dengan hal itu. Camisa merupakan bahasa Portugis yang memiliki artian kemeja dalam bahasa Indonesia, kemeja merupakan salah satu atribut penting yang perlu dikenakan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari untuk bersantai dan bekerja. Arti dari kemeja itu sendiri adalah sebuah pakaian yang umumnya digunakan oleh kaum pria, menutupi bagian lengan, dada, bahu sampai perut dan tentu saja memiliki kerah.
Dahulu kala kemeja ini bisa dikatakan sebagai penanda status sosial dari seseorang karena ketika awal muncul dan diperkenalkan, hanya para bangsawan saja yang dapat memakainya. Hal ini berbeda jauh dengan masa sekarang yang siapa saja bisa menggunakan kemeja, dari anak hingga dewasa, tidak lagi memandang status sosial dan jabatan seseorang, mau kamu laki-laki atau perempuan tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Desain kemeja yang telah ada saat ini bisa digunakan oleh semua jenis kelamin.
Kemeja yang beredar dipasaran era sekarang tidak selalu identik dengan lengan panjang, namun ada juga yang berlengan pendek. Dalam satu kemeja pasti ada atribut yang memiliki fungsi penting, satu diantaranya adalah pada bagian kerah. Kerah pada kemeja tidak semuanya sama, akan tetapi beraneka ragam jenisnya. Dalam penulisan artikel ini akan dimuat beberapa penjelasan singkat mengenai berbagai macam kerah, diantaranya regular point collar, button down collar, spread collar, pinned collar, wing collar, rounded collar, tab collar, mandarin collar. Namanya unik-unik kan? Nah sekarang mari kita simak penjelasan singkatnya.

1. Regular Point Collar/ Kerah dasar biasa atau basic
Ini adalah jenis model kerah yang sering kita jumpai di dunia fashion, dan model ini dapat digunakan untuk hampir semua acara dari yang santai, semi formal hingga formal. Bentuk runcing pada kerah ini berfungsi untuk menonjolkan sisi maskulin bagi yang menggunakannya. Pengguna tipe ini didominasi oleh para pegawai kantoran, namun bisa juga ditemui pada kemeja kasual yang biasa dipakai oleh anak muda.

2. Button Down Collar
Tidak berbeda jauh dengan yang basic untuk wujudnya, akan tetapi untuk yang satu ini ada keunikan tersendiri pada bagian kedua ujung kerah yakni ada penambahan kancing, jadi lebih terlihat keren jika digunakan, jika diaplikasikan dengan jas, kemeja kasual ini tetap tidak akan meninggalkan kesan formal di pemakainya.

3. Spread Collar
Biasanya dipakai untuk menghadiri acara yang memiliki sifat formal dan bentuknya lebih lebar daripada yang reguler. Karena bentuk lebarnya itu
sangat cocok jika dikombinasikan dengan dasi akan tetapi dengan simpul yang besar juga tentunya.

4. Pinned Collar
Cirinya memiliki lubang kecil pada sisi masing-masing sebagai tempat untuk merapatkan kerah jika mengenakan dasi. Sebagai catatan jika kamu memakai jenis kemeja dengan tipe kerah ini hendaknya dikombinasikan dengan dasi karena jika tidak itu terlihat aneh dipandang.

5. Wing Collar
Sama halnya dengan namanya, kerah ini berbentuk seperti menyerupai sayap burung yang mengepak pada saat ingin terbang di udara, acara pesta formal sangat erat hubungannya dengan collar ini, pasangan serasinya adalah tuxedo serta dasi kupu-kupu.

6. Rounded Collar
Jika kamu memiliki wajah yang tirus, maka collar ini sangat pas untuk kamu kenakan dikarenakan ujung lembut yang bulat dapat memberikan tampilan berisi untuk kamu. Bentuk ini pas juga dipakai tanpa menggunakan dasi.

7. Tab Collar
Bagi kamu yang berleher jenjang, bentuk kerah ini, memiliki tampilan yang sama dengan yang dasar atau basic namun ada penahan pada titik tengah yang merapatkan kerah waktu memakai dasi, ukuran kerah yang tinggi dapat menutupi bentuk leher panjang kamu.

8. Mandarin Collar
Kerah ini bentuknya beda daripada yang lainnya, ciri utamanya bulat tapi tidak dapat diturunkan. Perpaduan yang cocok untuk kerah ini adalah jas dan blazer.

Itulah penjelasan singkat dan sederhana mengenai beberapa jenis collar atau kerah yang ada di industri pakaian terutama konveksi solo, antara yang satu dengan yang lainnya beberbeda bukan? penampilan itu memang penting jadi selain memperhatikan jenis collar mana yang cocok untuk kamu, ada kalanya juga memperhatikan pula bentuk tubuh mana yang cocok untuk collar yang tersebut diatas, supaya sedap dipandang dan keren jika digunakan. Demikian penulisan tentang macam kerah pada kemeja yang dapat tertuang di dalam artikel ini, semoga dapat memberikan manfaat positif bagi para pembaca serta dapat juga digunakan dalam kehidupan maupun aktifitas sehari-hari. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan pada muatan artikel yang lebih menarik untuk di simak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *