Mengenal Gramasi Dan Lebar Kain Bahan Kaos

  By admin   Maret 27, 2019   0

Manusia pada dasarnya dituntut untuk bisa bertahan dalam kondisi dan situasi apapun, untuk melakukan itu semua dibutuhkanlah sebuah pengorbanan, entah itu dirinya sendiri, keluarganya maupun orang lain yang ada disekitarnya, hal itu menyebabkan seseorang harus bekerja keras. Dalam memulai sebuah usaha setiap manusia pasti mempunyai perbedaan dari segala aspek yang mereka inginkan, ada yang terjun ke bidang yang berbeda- beda namun mempunyai tujuan yang sama yakni sukses dengan apa yang sedang dikerjakan serta memberikan keuntungan yang baik untuk perusahaan yang telah dibangun maupun dirintis serta untuk orang lain juga. Ada berbagai macam usaha yang ada di bumi ini, salah satunya adalah konveksi.

Konveksi itu identik dengan yang namanya kaos, kemeja, seragam dan lain sebagainya, pada artikel ini kita fokuskan kepada kaos. Sebelum menjadi bentuk barang yang dipakai tentu ada prosesnya mustahil langsung jadi begitu saja karena ini bukanlah adegan sulap yang sering ditayangkan di layar televisi. Bahan dasar untuk membuat kaos itu adalah kain atau sering disebut dengan tekstil , kain merupakan suatu bahan yang berasal dari benang sutera, kapan, wol dan sintetis, dalam wujudnya kain pasti memiliki lebar dan gramasi. Untuk kain sendiri diameter atau lebar yang dimiliki intinya merupakan lebarnya 1 roll kain yang telah dibentangkan dan memiliki satuan inchi atau di singkat inch, dalam dunia konveksi itu biasa disebut juga dengan setting. Untuk prakteknya tentu saja setting kain yang digunakan setiap benua dan negara pasti berbeda-beda, karena kita ini ditinggal di negara Indonesia jadi yang digunakan adalah lebar kain yang pada umumnya ada disini.

Mayoritas lebar kain yang digunakan adalah 34″ , 36″, 38″, 40″ , 42″ , dan seterusnya. Ada juga yang memiliki lebar 20″ serta 22″ akan tetapi jenis ini dikenakan untuk bahan dasar kaos tanpa memiliki jahitan pinggir atau sering disebut dengan body size. Selain lebar, kain juga memiliki gramasi yakni satuan ukuran kain dalam gram. Setiap gramasi pada kain itu berbeda-beda, karena besar benang yang digunakan untuk merajut kain juga bervariasi. Gramasi mempunyai peran pokok dan sangat penting untuk sebuah kain, yakni sebgai pembeda tebal atau tipisnya satu bahan yang mempengaruhi hasil suatu produk, bila gramasinya tipis, kain yang dihasilkan lebih panjang, sedang jika tebal tidak akan panjang. Perlu diingat kembali jika gramasi antara negara berkembang dan negara maju itu berbeda, namun meski tidak sama tapi dasarnya tetaplah sama mudah dikonversikan. Produk kaos sendiri biasanya menggunakan bahan yang adem ketika dipakai, menyerap keringat dan tentu saja nyaman di tubuh yang disebut dengan katun combed.

Katun combed ini sendiri terbuat dari bahan yang 100% asli dari kapas murni tanpa ada campuran apapun sehingga tidak mengherankan apabila harga yang ditawarkan cukup menguras kantong kita semua. Ukuran pada katun combed juga beraneka ragam, mulai dari 20’s , 24’s, 30’s , 40’s , sebagian konsumen mungkin kurang paham dengan huruf yang ada dibelakang angka yang tertera tersebut, huruf s disini mempunyai makna jahitan yang digunakan adalah single knitt atau tunggal yang mempunyai karakter padat, rapat ,sayangnya kurang lentur dan angka menunjukkan jenis benang yang digunakan, semakin tinggi jenis benangnya akan semakin tipis pula gramasinya, unik bukan?

Nah untuk gramasi 180-220gram permeter itu dasarnya dimiliki oleh katun combed size 20 dengan jahitan single, 170-210gram untuk size 24, 140-155gram untuk size 30, 110-120gram untuk size 40. Bagi produsen kaos itu sendiri antara orang yang satu dengan yang lainnya tidak sama dalam proses produksinya, dikarenakan tidak diberlakukan standar yang sama dalam menciptakan suatu karya jadi sangat wajar apabila antara produk kaos si A dengan si B itu ketebalannya berbeda. Jahitan yang terdapat pada kaos tidak hanya single knitt saja loh, ada juga yang double, ciri umum jahitannya adalah kenyal, tidak rapat, dominan lentur. Kode hurufnya adalah D, jenis ini lebih banyak dipakai untuk pembuatan kaos maupun pakaian pada bayi.

Berhasil atau tidaknya suatu produk itu tergantung dari jenis bahan yang digunakan, semakin baik kualitasnya semakin baik pula hasilnya. Cerdas dalam memilih serta teliti dalam bertindak wajib dilakukan oleh setiap manusia supaya nantinya tidak memberikan dampak negatif terhadap diri sendiri maupun orang lain yang menikmati hasil dari apa yang telah kita lakukan. Demikianlah artikel ini kami buat, semoga dapat memberikan ilmu yang bermaanfat serta dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi pembaca semua yang sedang mencari pengetahuan tentang bagaimana cara mengenal gramasi dan lebar kain bahan kaos, dan sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *