Mengenal Macam Macam Model Kaos

  By admin   Maret 28, 2019   0

Setiap melakukan aktifitas, manusia pasti memerlukan perlindungan untuk tubuh supaya tidak terkena paparan sinar matahari, debu dan beragam jenis polusi. Ada banyak atribut yang dikenakan,mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala, sebut saja topi, kaos, celana, sepatu. Pada pembahasan kali ini, akan membahas tentang salah satunya yakni kaos. Siapa sih yang enggak kenal sama kaos? ituloh sejenis pakaian yang melekat pada tubuh dengan desain yang sederhana hingga beraneka ragam yang mempunyai fungsi menutup tubuh bagian atas.

Sejarahnya kaos ini mulai dikenal pada tahun 1898 sampai dengan tahun 1913 yang mulanya disebut dengan pakaian untuk dalaman seragam oleh angkatan laut AS dengan model lengan pendek, pada bagian lehernya berbentuk bulat serta berwarna putih. Semakin bertambahnya tahun kaos mulai mengalami perkembangan yang sangat pesat, sudah tidak lagi identik dengan dalaman lagi karena mayoritas orang menganggap itu sebagai bagian dari fashion yang perlu dikembangkan, sehingga yang awalnya berlengan pendek, dibuat juga lengan panjangnya, yang satu warna dibuat beraneka warna, serta yang mempunyai warna beda lengan dengan badan juga ada.

Kaos umumnya menggunakan bahan yang 100% kapas karena adem, menyerap keringat serta nyaman ketika digunakan untuk beraktifitas, bahan ini biasa disebut dengan cotton atau katun. Karena menggunakan kapas seutuhnya wajar rasanya jika harganya sedikit mahal, ada juga bahan yang memiliki harga yang relatif murah tetapi lebih didominasi oleh bahan poliester yang cukup panas ketika dikenakan. Ada juga bahan lacoste yang digunakan untuk kaos polo. Terlepas dari bahan yang digunakan, kaos itu sendiri ada banyak jenisnya dan bentuknya juga bervariasi, sebut saja crew neck, v-neck, turtle neck, ringer, raglan, henley, polo. Penasaran kan bagaimana bentuk dari ragam kaos tersebut? Pada artikel ini akan dibahas secara singkat mengenai hal tersebut. Oke mari kita mulai saja penjelasannya dibawah ini.


1. Kaos Crew Neck (kaos oblong)
Meskipun namanya crew bukan berarti kaos ini hanya dapat digunakan untuk beberapa kelompok tertentu saja. Crew disini merupakan artian lain dari kaos oblong yang sering sekali ditemukan dipasaran dengan ciri bulat pada garis lehernya dan memiliki lengan pendek. Kaos model ini biasa dipakai oleh kawula muda ketika nongkrong dengan teman karena nyaman dipakai serta simple.


2. Kaos V-Neck
Sesuai dengan namanya, kaos ini mempunyai ciri yang sangat mudah dikenali yakni berbentuk V pada bagian lehernya dan garis ribsnya bersiku pada dada bagian atas. Kaos ini juga umum dipakai pada saat berkumpul dengan teman karena memiliki kesan santai.


3. Kaos Turle Neck
Pasti yang terlintas di benak kita saat mendengar jenis kaos ini adalah bentuknya seperti kura kura yang memiliki tempurung di tubuhnya. Iya memang hampir mirip akan tetapi pada bagian lehernya saja, yakni panjang, namun tidak sepanjang leher hewan tersebut. Bagian leher kaos ini berbentuk bulat ribsnya panjang nyaris mendekati kerongkongan. Model kaos seperti ini cenderung dikenakan di saat musim hujan ataupun musim dingin karena menghangatkan.


4. Kaos Ringer
Tipe kaos ini sepertinya masih sedikit asing di telinga kita, karena kita jarang mendengarnya. Ringer memiliki desain yang sama seperti kaos yang beredar dipasaran tetapi ada aksen unik melekat pada leher dan ujung lengan yang berbeda warna dengan badan.


5. Kaos Raglan
Mudah dikenali jenisnya karena warna lengan dan badan saling beda, untuk jahitannya sendiri antara lengan dan badan polanya miring mulai dari ketiak hingga leher sebelah bahu.


6. Kaos Henley
Kaos tanpa kerah dengan placket di bawah bentuk bulatan leher dengan panjang 8 sampai dengan 13 centimeter dan memiliki 2-5 kancing, memiliki tampilan semi formal.


7. Kaos Polo
Memiliki kerah, bahan yang biasa digunakan adalah lacoste CVC, punya placket dengan kancing sebanyak 2-3 buah, ada variasi tambahan berupa saku disebelah kiri. Kaos polo dulunya identik dengan pakaian yang dikenakan oleh para pemain golf maupun tennis.

Nah itulah sedikit penjelasan penulis mengenai jenis atau macam-macam model kaos yang ada, setiap nama berbeda bentuknya, kesan untuk pemakainya pastinya juga tidak sama, ada yang untuk bersantai, kasual dan semi formal, para pembaca jangan salah memilih ya untuk acara tertentu. Pilihlah kaos sesuai dengan suasana jangan asal sembarang memakai, bisa jadi nanti malah salah kostum. Dan tentu saja kaos merupakan dari bagian gaya hidup yang tidak bisa ditinggalkan bahkan sudah jadi hal yang paling penting untuk dimiliki oleh semua orang. Demikianlah sedikit penjelasan mengenai macam kaos, semoga dapat memberikan pengetahuan yang bersifat positif untuk para pembaca setia serta dapat di aplikasikan untuk kehidupan sehari-hari. Sampai jumpa lagi di pembahasan berikutnya yang lebih menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *