Tips Merawat Jas Kesayangan Anda

  By admin   November 7, 2018   0

Jas merupakan sebuah ragam pakaian resmi yang mempunyai karakteristik berlengan panjang serta cara memakainya adalah di luar kemeja. Pakaian tipe ini lebih sering atau bahkan wajib dikenakan untuk acara yang bersifat formal dan membuat seorang pria terlihat lebih berwibawa. Ada banyak manusia di bumi ini yang selalu mempercayakan kebersihan jas yang dimiliki kepada pemilik jasa laundry. Tapi alangkah baiknya apabila itu semua dilakukan sendiri, untuk menghemat biaya, hal itu dikarenakan untuk sekali dry cleaning sebuah jas saja koceknya puluhan ribu rupiah.

Mencuci jas tidaklah merupakan suatu kejadian maupun aktivitas yang pada umumnya banyak orang, mengingat jas diketahui tidak digunakan untuk kegiatan sehari-hari seperti halnya kaos sablon solo beda halnya dengan jas alamater. Apabila Anda mempunyai beberapa ragam koleksi jas, lebih baiknya Anda juga harus wajib mengetahui bagaimana cara untuk mencuci dan merawatnya. Memang ada benarnya, untuk jasa binatu professional saat ini telah banyak ditemui dan harga yang ditawarkan kepada konsumen untuk layanan perawatan jas juga semakin mengalami persaingan yang sengit , akan tetapi bagaimana jika pada saat keadaan yang mendesak sedangkan posisinya harus Anda sendiri yang mencucinya?

Ada beberapa langkah maupun tips sederhana yang mungkin dapat Anda ikuti, nyatanya mencuci serta merawat jas tidaklah sesulit yang ada di pikiran kebanyakan orang .Apabila ingin memiliki hasil yang maksimal disarankan jas dicuci dengan menggunakan tangan tapi untuk alasan kepraktisan dan menghemat waktu , di era jaman sekarang jas sudah bisa di cuci dengan menggunakan mesin cuci. Meskipun bisa dicuci dengan menggunakan mesin, ada hal -hal penting yang hendaknya diperhatikan untuk tujuan yang baik. Dan hal yang wajib diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Jas sangat tidak direkomendasikan untuk dibawa ke laundry terlalu sering untuk dry clean. Untuk beberapa pencinta jas normalnya hanya men-dry clean jas kesayangannya sebanyak satu atau dua kali setahun. Jas yang memiliki serat-serat wool mikro umumnya memiliki tekstur yang lebih lembut, namun juga mempunyai kemungkinan lebih rentan rusak.
2. Harap diperhatikan label yang tertera pada jas Anda. Patuhi semua saran yang terdapat disana dimulai dari besaran suhu air hingga pada proses pengeringan yang telh dianjurkan.
3. Jas yang akan dicuci wajib untuk dipisahkan dari pakaian-pakaian lain, tidak boleh dicampur untuk mengurangi resiko kelunturan dan kusut yang berlebih.
4. Umumnya jas tidak terlalu kotor dikarenakan pemakaiannya yang jarang, namun apabila anda mendapati noda pada jas kesayangan anda sebaiknya bersihkan noda itu terlebih dahulu sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam mesin cuci. Untuk membersihkannya anda bisa memakai sikat gigi dengan tekstur lembut dan menggunakan deterjen cair yang lembut pula, gosoklah pada bagian yang terlihat kotor hingga benar-benar bersih pada saat proses pembersihan itu selesai, jas tersebut baru dapat dimasukkan ke dalam mesin.
5.Aturlah mesin cuci menggunakan fitur delicate atau fitur handwash untuk menjaga kualitas bahan yang digunakan untuk jas Anda.
6. Dalam pemilihan deterjen sebaiknya pilih yang teksturnya cair dan tidak disarankan untuk menggunakan karena dari banyak kasus yang terjadi beberapa partikelnya tidak larut ke dalam air bahkan justru malah menyangkut di serat-serat kasar bahan jas Anda.

Selain dicuci, tentu saja jas juga harus diseterika dan kemudia dilipat supaya terlihat rapi dan elegan, tetapi tidak boleh asal dalam menyeterika jas dan melipatnya, ada tips atau cara untuk menyeterika serta melipat jas, dibawah ini akan dijelaskan secara ringkas bagaimana cara untuk penyeterikaan pada jas.

TIPS MERAWAT JAS PADA SAAT DISETRIKA DAN MELIPAT JAS DENGAN BENAR

Jas merupakan pakaian formal yang wajib dipakai oleh setiap orang dalam menghadiri sebuah acara yang bersifat formal atau resmi sehingga jas sendiri tidak dipakai setiap hari. Akan tetapi, jas yang tidak dipakai dalam jangka waktu yang sangat lama dapat mengakibatkan penurunan kualitas dari jas itu sendiri. Nah, untuk mengatasinya ada salah satu cara yang dapat anda terapkan yakni dengan menyetrika.

Menyetrika sendiri memang terbukti ampuh untuk memberikan ke awetan serta kerapian pada sebuah pakaian. Meskipun menyetrika dapat memberikan ke awetan pada sebuah pakaian namun anda juga harus memperhatikan bahan jas anda sebelum menyetrika jas kesayangan anda. Pasalnya, dengan melihat bahan dari jas ini sendiri mampu memberikan kesan keren atau tidaknya sebuah jas setelah selesai disterika.

Adapun 3 cara untuk menyetrika jas yakni dengan setrika uap, manual serta dengan tidak disetrika. Setrika uap sendiri merupakan salah satu cara yang paling cocok untuk digunakan bagi anda yang memiliki jas yang berbahan dasar wol. Selain itu, anda juga bisa menggunakan setrika manual yang dimana setrika manual ini banyak dijumpai hampir di seluruh rumah karena setrika ini dapat menghemat listrik. Setrika manual ini cocok digunakan bagi anda yang memiliki jas yang berbahan polyester, katun dan semacamnya. Selain menggunakan dua cara diatas, ada kalanya sebuah jas tidak boleh terkena sentuhan setrika sedikitpun karena di zaman sekarang ini juga beredar jas yang terbuat dari karet dan juga plastik. Tentunya, jika hal tersebut tetap dilakukan maka akan menimbulkan resiko yang cukup serius pada jas anda.

Nah, jika anda sudah anda paham mengenai cara menyetrika diatas maka ada baiknya anda juga harus mengetahui bagaimana caranya menyetrika jas dengan baik dan benar. Perlu anda ketahui bahwa menyetrika jas ini sendiri berbeda dengan menyertika baju pada umumnya. Untuk itu, anda harus memperhatikan beberapa bagian dari jas saat menyetrika. Adapun bagian pertama yang harus anda perhatikan ialah kerah. Untuk bagian kerah ini anda bisa menggunakan sarung untuk dijadikan sebuah landasan dalam menyetrika karena bagian kerah dari jas ini sangatlah sensitif.

Selain kerah, lengan pada jas juga merupakan bagian yang harus anda perhatikan saat menyetrika. Sama halnya pada bagian kerah bahwa bagian lengan pada jas ini sangat sensitif dan mudah sekali untuk menimbulkan sebuah lipatan setelah menyetrika.
Setelah proses setrika sudah selesai, tentu saja hal berikutnya yang dilakukan adalah melipat jas kesayangan, namun melipat jas juga tidak boleh sembarangan.Meskipun kebanyakan jas digantung saat tidak dipakai, kadang-kadang Anda tidak memiliki ruangan yang dibutuhkan untuk menggantung jas.

Jika Anda perlu menjaga jas agar bisa diatur dan tidak kusut, pertimbangkan untuk melipat jas dengan cara yang meminimalkan gesekan dan tekanan. Ada cara khusus untuk melipat jas supaya rapi, yaitu bagian dalam pada jas Anda harus berada di posisi luar, sama halnya dengan pada saat menjemur pakaian yang tidak boleh langsung terkena dengan sinar matahari.

Kemudian ada bisa selipkan pada bagian bahu kiri ke dalam bagian bahu sebelah kanan, namun harus bisa dipastikan bahwa seluruh sisi pada saat dilipat sudah rapi dan lurus sesuai dengan kontur jas anda. Dan yang terakhir, anda lipat jas yang sudah disusun sedemikian rupa dengan melipat bagian atas ke bagian bawah. Tidak disarankan untuk melipat melebihi dari dua lipatan karena akan beresiko membuat pakaian menjadi semakin kusut.

Jadi meskipun jas adalah pakaian yang sangat jarang digunakan untuk kegiatan sehari-hari , anda juga perlu memperhatikan kualitas bahan yang terpakai supaya awet dan tahan lama. Tidak disarankan untuk mengabaikan jas kesayangan anda begitu saja, mengingat ketika anda membeli jas tersebut harganya tidak murah dan rasanya sangat sayang sekali jika rusak karena kecerobohan diri sendiri. Sayangilah jas anda sebagaimana anda menyayangi diri anda sendiri. Karena jas juga merupakan bagian dari diri anda, jiwa anda, karakter anda. Sangat diharapkan dengan adanya artikel tentang cara atau tips merawat jas yang baik diatas dapat memberikan manfaat yang baik bagi para pembaca untuk selalu senantiasa tidak menyia-nyiakan barang ataupun pakaian serta kebutuhan hidup yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *