6 Fungsi Menggunakan Jas Laboratorium

  By admin   Desember 1, 2020   0

6 Fungsi Menggunakan Jas Laboratorium

Laboratorium merupakan suatu tempat, ruangan, bangunan, yang digunakan para ilmuan untuk melakukan riset ilmiah , eksperimen ilmiah, pengukuran atau pun pelatihan imiah. Kegiatan pada ruang laboratorium menerapkan secara terkendali dan berdasarkan prosedur yang telah berlaku. Karena semua kegiatan  di ruang laboratorium tidak bisa  dengan sembarangan melakukan suatu hal yang berbahaya. Bahan dan alat yang menggunakan untuk eksperimen bukan lah barang yang sembarangan dapat beramangfaat oleh siapa saja. Sehingga membuat ruangan laboratorium harus selalu seteril. Hanyak pihak-pihak tertentu yang mempunyai izin masuk ke dalamnya.

jas almamater solo

Seperti yang telah kita ketahui bahwa segala sesuatu pada laboratorium semua terkontrol oleh beberapa hal dan ketentuan. Salah satu ketentuan yang harus terpenuhi pada laboratorium adalah penggunaan jas laboratorium bagi siapa saja yang kan melakukan eksperimen di laboratorium. Peggunaan pada jas laboratorium berlaku untuk semua jenis laboratorium, baik lab kesehatan, lab perikanan, lab pertanian, lab kimia, lab biologi, dan lab yang lainnya. Jas lab umumnya berwarna putih, biru, atau hijau muda.

Maka dari itu ada 6 fungsi menggunakan jas lab :

 

  1. Perlindungan dari cairan kimia

Semua laboratorium identik dengan bahan-bahan kimia yang berbahaya, maka dari itu setiap orang yang masuk ke dalam laboratorium wajib menggunkan jas laboratorium untuk melindungi tubuh dari baha-bahan yang berbahaya.

  1. Mencegah terjadinya kontaminasi

Jas lab berfungsi untuk untuk meminimalisir terjadinya kontaminasi silang, baik kontaminasi dari luar ke laboratorium maupun kontaminasi silang dari laboratorium kedaerah lainnya.

  1. Melindungi pakaian dari noda

Selain berbahaya untuk kulit kita, bahan-bahan kimia jika terkena baju kita akan meninggalkan noda yang sulit hilang. Inilah jas lab bermangfaat untuk melindungi pakaian yang kita pakai.

  1. Memudahkan aktifitas

Berikut jas lab berfungsi untuk memudahkan para pemakainya untuk melakukan berbagai aktifitas tanpa takut terkontaminasi.

  1. Menghindari percikan api

Jas lab mempunyai desain dengan longgar , panjang  serta mudah. Hal ini karena jika pengguna terkena percikan api maka mereka bisa dengan mudah untuk melepasnya.

  1. Profesionalisme

Menggunakan jas lab mempunyai harapan memberikan profesionalisme kerja bagai si pemakainya supaya tidak sembarangan dalam melakukan sebuah kegiatan pada saat dalam ruangan laboratorium