Tips Merawat Handuk Dan Cara Menghilangkan Noda Membandel

  By admin   November 30, 2020   0

Handuk merupakan peralatan mandi sangat penting bagi orang yang rajin membersihkan diri atau mandi. Tetapi, banyak orang yang belum tau dalam memperlakukan handuk yang benar. Berikut beberapa tips merawat handuk dan cara menghilangkan noda membandel pada handuk:

 

  1. Cuci handuk secara rutin

Minimal, setiap minggu handuk tersebut harus dicuci dengan baik. Tapi, ada juga sih ahli mikrobiologi dari University of Arizona, Dr Charles Gerba, yang mengatakan bahwa frekeusni mencuci handuk lebih baik dilakukan setiap dua hari sekali. Kalau tidak, handuk kamu akan menjadi tempat yang sangat baik bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak.

  1. Gunakan detergen secukupnya saat mencuci handuk

Kalau ingin handuk tetap bersih dan halus, justru cucilah dengan menggunakan air dingin. Temperatur air yang rendah dapat menjaga warna handuk tetap baik, menghilangkan noda atau kotoran pada handuk dengan lebih baik, dan tertutama sangat ampuh untuk mencegah terjadinya penyusutan serat kain handuk.Jangan gunakan pelembut pakaian.

  1. Walaupun pelembut pakaian (softener) sangat berguna untuk membuat halus dan wangi baju-baju yang kamu cuci, tapi itu tidak akan berlaku pada handuk. Karena pelembut pakaian pada handuk justru hanya akan merusak serat kain handuk yang lama-kelamaan membuatnya menjadi kasar.
  2. Hindari menggantung handuk terlalu lama di kamar mandi

Handuk yang digantung terlalu lama di kamar mandi ini nantinya akan menjadi lembab dan berjamur. Kalau sudah begitu, handuk kamu bisa saja menjadi penyebab penyakit kulit.

  1. Hindari menjemur handuk terlalu lama

Kalau handuk dijemur terlalu lama, nanti teksturnya akan berubah menjadi kasar atau keras. Kalau sudah begitu, handuk kamu tidak akan halus lagi. Padahal, handuk ini kan akan digunakan untuk mengeringkan badan. Kalau teksturnya kasar, pasti badan akan tidak nyaman.

  1. Jangan menyetrika handuk

Menyetrika handuk justru hanya membuat handuk kamu jadi cepat rusak karena serat-seratnya akan menjadi cepat tipis.